Wednesday, August 31, 2016

Mengenal apa itu Terminal, dan Belajar Perintah-Perintah Dasar [part II]


Halo semuanya, pada tulisan kali ini adalah lanjutan dari Mengenal apa itu Terminal, dan Belajar Perintah-Perintah Dasar yang pertama, kali ini kita akan belajar dan memahami perintah perintah dasar linux (turunan dari Ubuntu [apt-get]).
saya akan tuliskan command/perintah dan fungsinya..
Let's Go . . .  ! ! !

  • sudo apt-get update
Mengambil daftar server repository yang di gunakan oleh ubuntu, repo ini terletak pada "/etc/apt/sources.list" kita bisa menambah/menghapus daftar repository yang tidak diperlukan, perintah ini biasanya digunakan ketika pertama kali menginstall ubuntu ataupun turunannya.
  • sudo su
Untuk mengganti hak akses menjadi root, semisal kita mau menjalankan xampp (lampp) kita harus memasukkan perintah "sudo /opt/lampp/lampp start" nah ketika kita sudah mengubah hak akses menjadi root, kita tidak perlu memasukkan perintah "sudo" lagi cukup dengan "/opt/lampp/lampp start" .
  • sudo apt-get install (nama aplikasi)
Perintah ini digunakkan untuk menginstall apa yang kita tuliskan, contoh kita akan menginstall inkscape, kita hanya perlu memasukkan perintah "sudo apt-get install inkscape".
  • sudo apt-get remove (nama aplikasi)
Perintah ini digunakan untuk menghapus/Uninstall aplikasi, kita contohkan ingin menghapus inkscape, kita harus memasukkan perintah "sudo apt-get remove inkscape"
  • sudo dpkg -i (nama paket)
Perintah ini digunakkan oleh user untuk menginstall paket (offline/tanpa menggunakan koneksi internet) tetapi terlebih dahulu kita harus mempunyai file .dab kita contohkan mau mengintsll Sublime Text dan kita sudah mendownload file SublimeText.dab kita cukup memasukkan perintah "sudo dpkg -i sublimetext.dab".

Mungkin cukup sekian, pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang perintah dasar petentang cara copy file, memindah file dan lain-lain.

Sampai jumpa di artikel berikutnya. 

Share:

0 komentar:

Post a Comment

translate This Blog

Donate us


Powered by Blogger.