Thursday, August 18, 2016

Fix Screen Resolutions Ubuntu dengan "xrander".

Woooo, Hallo  :))
 #Sebenernya saya pernah punya maslah ketika install ubuntu di PC, masalahnya adalah resolusi yang tidak cocok pada lcd saya,


yups, ukuran LCD saya "1366x768" tetapi di Desktop Setting tidak ada opsi tersebut.
Bagi kalian yang mempunyai masalah sama seperti saya, coba simak tutorial sederhana dari saya ini :))

yaitu kita menambahkan opsi ukuran layar "1366x768" dengan xrander.

Oke langsung saja kita mulai :))

masuk terminal "ctrl + alt + t"

masukkan command berikut untuk mendapatkan info resolusi display.

$ xrander

Masukkan command "cvt 1366 768" untuk mendapatkan beberapa parameter untuk resolusi 1366x768 yang akan digunakan pada langkah selanjutnya. 


Dari cvt diatas, kita membuat “modeline” dengan xrandr.
masukkan command berikut : 

xrandr --newmode "1366x768_60.00"   85.25  1366 1440 1576 1784  768 771 781 798 -hsync +vsync
kemudian kita tambahkan mode baru sesuai dengan perintah yang pertama tadi "xrander"
"VGA-0 connected 1024x768+0+0 (normal left inverted right x axis y axis) 0mm x 0mm"
dengan menggunakan command berikut :
xrandr --addmode VGA-0 1366x768_60.00
note : VGA-0 Disesuaikan dengan Output dari perintah xrander

Kemudian tambahkan output untuk opsi resolusi layar baru,
xrandr --output VGA-0 --mode 1366x768_60.00

dan . . . taraaaa :))


Tetapi jangan senang dulu :)) walaupun sekarang udah fix resolusinya, tetapi kalau kalian Log out atau restart keadaanya akan seperti sedia kala :))

solusinya gimana gan ??

kalau saya menggunakan semacam launcher yang mengarah pada perintah semua tadi :)) jadi tinggal klik aja :)) atau juga menggunakan Startup aplication juga bisa.

kalau kalian tertarik dengan cara saya, mari lanjuttt :))

buat file resolusi.sh atau apalah, terserah kalian yang penting belakangnya ada .sh nya :)) kemudian masukkan Script berikut dan simpan di directori terserah kalian (saya menyimpanya di folder home).



lalu klik kanan -> tab Permission -> cek list "Allow this file to run as program".


nah, kemudian klik kanan pada Desktop "Create New Launcher" 
masukkan perintah berikut pada form Command dan Save :
/home/UsernameKalian/namaFile.sh



Oke, cukup sekain, semoga tutorial sederana ini bisa membantu :))





Share:

1 comment:

translate This Blog

Donate us


Powered by Blogger.